Pages

I'M THE GENIUS

Test Footer 2

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Mengenai Saya

Rabu, 12 November 2014

pelanggaran etika bisnis



Pelanggaran terhadap etika bisnis (terhadap stakeholder)
Stakeholder merupakan individu, sekelompok manusia, komunitas atau masyarakat baik secara keseluruhan maupun secara parsial yang memiliki hubungan serta kepentingan terhadap perusahaan. Individu, kelompok, maupun komunitas dan masyarakat dapat dikatakan sebagai stakeholder jika memiliki karakteristik yaitu mempunyai kekuasaan, legitimasi, dan kepentingan terhadap perusahaan.
Ada berbagai pendapat mengenai definisi Stakeholder menurut para ahli seperti :
·         Freeman (1984), mendefenisikan stakeholder sebagai kelompok atau individu yang dapat mempengaruhi dan atau dipengaruhi oleh suatu pencapaian tujuan tertentu.
·         Biset (1998), secara singkat mendefinisikan stakeholder sebagai orang dengan suatu kepentingan atau perhatian pada permasalahan.
·         Grimble and Wellard (1996), mendefinisikan stakeholder dari segi posisi penting dan pengaruh yang dimiliki mereka.
Stakeholders internal adalah stakeholders yang berada di dalam lingkungan organisasi. Misalnya karyawan, manajer dan pemegang saham (shareholder). Sedangkan stakeholders eksternal adalah stakeholders yang berada di luar lingkungan organisasi, seperti penyalur atau pemasok, konsumen atau pelanggan, masyarakat, pemerintah, pers, kelompok social responsible investor, licensing partner, pesaing dan lain-lain.

Dalam hal ini akan membahas pelanggaran etika bisnis, antara perusahaan sepeda motor Honda dan Yamaha. Kedua perusahaan sepeda motor terbesar di Indonesia ini saling serang dan menjatuhkan satu sama lain. Berikut beberapa contoh pelanggaran yang dilakukan kedua merek sepeda motor tersebut:
 
  1.      Honda CB150R cuma tembus 35,7 Km/ liter versi KLH pada poster Yamaha New Vixion di bengkel Yamaha.

Dalam gambar tersebut terlihat jelas bahwa Yamaha membandingkan produknya dengan produk Honda, dan menyudutkan produk Honda bahwa produknya boros.

2.      Iklan adu otot Rangka Deltabox VS rangka Diamond pola Tralis di Palembang.

Dalam gambar tersebut terlihat jelas bahwa Yamaha membandingkan produknya dengan produk Honda, dan menyudutkan produk Honda, bahwa chasis produk motor Honda tidak berkembang. Digambar tersebut terlihat motor Honda yaitu Honda CB pada gambar pertama, lalu Honda Megapro Primus kemudia ada New Megapro dan yang terakhir ada CB150R.

3.      Tanggapan bengkel Honda akan brosur injeksi Yamaha Vs Honda


Dalam gambar tersebut memang Yamaha hanya memberikan inisial untuk produk pesaing namun ada tertulis “PGM-Fi” yang adalah teknologi dari Honda.

0 komentar:

Posting Komentar